SELAMAT DATANG

VEKOM

ELERNING

PROFIL

PHOTO

Senin, 31 Desember 2012

TUTORIAL PHOTOSHOP: PHOTO to VECTOR part I (outline)




halo temen-temen. kali ini saya mau share gimana bikin foto jadi kartun (kayak yang di album VECTOR di blog ini). sebenernya tepatnya bukan tutorial sih. ini cuma video preview aktivitas saya di layar selama bikin outline.tanpa ada suara dari saya, karena saya lagi serak, jadi percuma juga dikasih suara, paling gak jelas. hehehe. 

Tadinya videonya berdurasi 25menit, tapi ternyata gabisa diupload di youtube gara-gara kepanjangan. jadi saya percepat durasi nya 3x. Semoga dapat memberi gambaran kira-kira gimana gambar ini dibuat. hehehe. kalo ada pertanyaan, silahkan comment aja di bawah postingan ini. 


(video quick preview, kalo videonya gak bisa tampil, coba lihat dihttp://www.youtube.com/watch?v=UpoLkB7h_jE&feature=player_embedded )
(download dari youtube dan tampilkan dg ukuran penuh agar gambar lebih terlihat jelas)


ini baru part I. nanti di posting selanjutnya saya share ttg video pembuatan detail dan proses coloring. Disini saya menggunakan mouse biasa, bukan pen tablet. jadi bagi yang belum punya pen tablet jangan khawatir (karena jujur saja saya juga nggak punya -___-' hahahaha ) Di proses awal bikin outline. kita hanya membuat 3 layer. berikut urutannya (mulai dari paling atas):

layer atas: layer kosong, yang nantinya kita gunakan untuk menggambar
layer tengah: diisi warna putih, kemudian diatur prosentase opacity nya biar foto di bawah bisa keliatan buat dijiplak jadi gambar
layer paling bawah: layer foto yang kita gunakan sebagai bahan contekan untuk menggambar


kalo semua outline udah jadi, tambahkan satu atau dua layer lagi diantara layer tengah dan layer atas tadi untuk menggambar bagian bibir. karena bibir outline nya hanya pada lubang mulut. tapi outline sekitarnya tidak digambar (hanya warna saja). 

Untuk seleksi area saya menggunakan POLYGONAL LASSO TOOL, untuk pengisian warna saya gunahkan BRUSH, untuk membuat garis-garis lengkung, saya menggunakan pen PEN TOOL yang kemudian saya isi dengan brush., 

Maaf ya temen-temen. di awal pembuatan video satu mata ama alisnya udah jadi duluan. tadinya ga kepikiran mau bikin tutorial yang ini. pas udah gambar mata, baru ada ide buat ngrekam. hehehe. sorry ^_^
semoga postingan ini ada manfaatnya. :D
kalo mau share ke yang lain, tulis comment dulu ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar